Peluang Bisnis Menjelang Lebaran

Peluang Usaha Bisnis Kue Kering

Ini adalah usaha atau bisnis yang selalu propsektif menjelang hari raya baik itu Lebaran, Natal atau hari raya dan perayaan agama lainnya. Untuk saat ini tentunya menyambut hari raya lebaran idul fitri 2010 . Kue kering salah satu makanan favorit sebagai suguhan dan banyak peminatnya menjelang lebaran. Orang cenderung pengin yang tidak ribet dalam menyambut hari raya atau juga karena keterbatasan waktu dan kurangnya pemahaman tentang pembuatan kue kering.

Jadi tidak semua orang bisa meluangkan waktunya untuk membuat kue kering sendiri . Inilah peluang yang harus di manfaatkan untuk memulai bisnis kue kering bagi anda yang punya waktu luang dan bisa membuat kue. Peluang lain yang terbuka adalah menjadi reseller kue lebaran . Berikut strategi dan Tips untuk memulai usaha kue kering :

  • Anggaplah sebagai Hobby . Bagi Anda yang sudah hobbi atau Anda yang sudah memiliki keahlian dalam membuat kue kering itu merupakan salah satu modal untuk memulai bisnis ini. Bagi Anda yang masih baru dibidang ini modal utamanya adalah kemauan dan Anda menyenangi pekerjaan ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Cari Banyak Informasi . Anda yang belum memiliki keahlian dalam membuat kue kering carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang pembuatan kue kering yang praktis dan murah salah satunya dengan membeli tabloid yang berisi aneka tips dan resep-resep seputar kue kering, mengumpulkan resep-resep kue kering dari beberapa sumber seperti dari koran, majalah dan televisi atau Anda bisa belajar langsung membuat kue kering dari teman atau saudara buatlah catatan kecil untuk mencatat resep tips dan langkah-langkah dalam pembuatannya.
  • Buatlah TESTER .Tester atau contoh kue kering yang akan Anda pasarkan pada kerabat, tetangga dan teman kantor baik teman kantor suami atau teman kantor teman lain. Ini cukup menetukan , biasanya orang cenderung melihat rasa baru harga . Lampirkan juga brosur yang berisi daftar nama kue kering yang Anda tawarkan lengkap dengan satuannya perkilo atau pertoples dengan harganya dan alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk pemesanan. Sebaiknya tester atau contoh kue kering dan brosurnya Anda bagi-bagikan satu bulan sebelum hari raya agar penawarannya bisa maksimal. Lakukan juga promosi via internet baik di facebook , tweeter atau membikin website .
  • Effisien mengeluarkan modal awal. Untuk tahap awal kurangi biaya-biaya yang kurang penting agar Anda tidak terlalu berat dalam mengeluarkan modal di awal-awal usaha, misalnya untuk membeli oven listrik atau mesin-mesin lainnya. Maksimalkan penggunaan alat dapur atau alat-alat dalam pembuatan kue yang sudah Anda miliki, bila alat-alat yang Anda miliki kurang Anda bisa meminjamnya dari teman atau saudara yang sementara tidak menggunakan alat-alat tersebut.
  • Lakukan Survey Pasar .Sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya lakukan survey pasar untuk mengetahui daya beli mereka, target pasar atau pemasaran kue kering Anda segmennya pada siapa saja, untuk tahap awal pemasaran bisa Anda lakukan pada tetangga, teman kantor, atau mencoba menitipkannya pada toko-toko makanan. Lalu mencoba memproduksi kue kering dengan biaya produksi yang lebih rendah dari harga jual. Agar harga jual kue kering Anda bisa bersaing.
  • Perhatikan Kualitas Bahan . Anda harus yakin bahwa produk Anda aman untuk dikonsumsi serta mendatangkan keuntungan. Maka Anda harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas atau gunakan bahan-bahan yang masa kadaluarsanya masih lama jangan menggunakan bahan-bahan yang sudah kadaluarsa untuk mendapatkan untung yang banyak tetapi bisa membahayakan kesehatan.
  • Bikin Inovasi Kue Baru . Buatlah kue kering yang belum ada di pasar atau buat kue kering Anda memiliki ciri khas sehingga memiliki perbedaan dari yang lain. Ciri khas bisa kita peroleh dengan mencari ide-ide baru baik dengan penambahan bahan, bentuk yang lucu, dan rasa yang lezat untuk menghasilkan produk yang lebih variatif. Lakukan kontrol dengan ketat terhadap resep dan penggunaan bahan-bahan baku yang Anda gunakan untuk rasa produk yang konsisten.
  • Perhatikan Kemasan Kue . Jika Anda memulai menjalankan usaha kue kering ada hal lain yang penting Anda pikirkan yaitu kemasan yang menarik untuk memberi nilai lebih pada kue kering produksi Anda. Kemasan yang cocok untuk kue kering adalah toples kedap udara atau toples mika dengan penambahan selotip agar toplesnya rapat. Disain atau dengan sedikit penambahan ornament lainnya sehingga bisa lebih terlihat menarik sehingga meningkatkan penjualan.
  • Perhatikan Skala Produksi.Tahap awal memulai usaha kue kering, Anda perlu memikirkan skala produksi dan modal usaha yang diperoleh. Untuk menekan resiko, pada awalnya buatlah kue dalam jumlah yang sekiranya dapat kita jual. Kalaupun tidak terjual, kita bisa manfaatkan sebagai oleh-oleh pulang kampung dan dibagikan kepada sanak saudara. Bukankah ini lebih baik? Sambil meyelam minum air, sambil belajar kita juga bisa bersedekah dan dijamin lebih irit karena kalau kita membeli pasti akan lebih mahal dibandingkan membuat sendiri. Jadi potensi besar, resiko kecil bukan?
  • PD . Percaya diri merupakan hal terpenting dalam memulai suatu usaha, jangan khawatir dan berkecil hati dengan persaingan yang banyak, karena setiap usaha memiliki pasar yang berbeda dan segmen pasar yang luas sehingga usaha kue kering ini masih bisa prospek dan berkembang mengikuti trend yang ada.Bila bisnis ini berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih, tidak ada salahnya usaha ini bisa Anda lanjutkan dan teruskan tidak hanya berhenti setelah hari raya saja, melainkan bisa lebih berkembang dan berkelanjutan.

Selain strategi kita juga harus melakukan analisa usaha, diantaranya sebagai berikut:

  • Buatlah daftar bahan-bahan yang diperlukan untuk produksi dan kemasan untuk kue kering. Buatlah perincian serinci mungkin bahan yang diperlukan, lalu lakukan survey harga dipasar untuk saat ini untuk mendapatkan perhitungan harganya tepat dan akurat.
  • Rincilah peralatan yang diperlukan dalam pengelolaan kue kering. Setiap tahapan yang dilakukan perlu di rinci barang yang diperlukan. Hitung biaya yang diperlukan dalam melakukan promosi atau pemasaran, termasuk biaya tester kue kering, transportasi untuk menyebarkan contoh dan brosur.
  • Menetapkan harga jual yang bersaing. Dalam menentukan harga jual perlu diperhitungkan biaya bahan baku pembuatan, dan biaya tenaga kerja untuk tingkat keterampilan yang digunakan dalam membuat aneka kue kering.
  • Memperkirakan berapa keuntungan yang diperoleh. Besarnya keuntungan dihitung dari selisih besarnya penerimaan dan biaya operasional tiap periode.

Referensi : www.makandimana.com

Artikel ini diambil dari: http://usaha.co/peluang-usaha-kue-kering.html

Tags: , , , ,

This entry was posted on Wednesday, April 18th, 2012 at 2:07 pm and is filed under Peluang Usaha, Tips Wirausaha. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Responses to “Peluang Bisnis Menjelang Lebaran”

  1. wesele Says:

    What kind of camera do you guys use to shoot your? videos?

  2. quicktime download Says:

    I bookmarked this guestbook. Thank you for really well position! .

  3. Hal Beza Says:

    That is definitely this kind of a superb inventiveness which you can be presenting and also you grant this apart with regard to absolutely free. We absolutely love observing webpages which have an understanding of the actual importance associated with delivering the excellent aid with regard to absolutely free. It might be the actual previous just what all over can come about plan …

  4. Nenita Furtak Says:

    Cheers favorable on the proficient information. Clearly fair-minded wen up! My spouse and i repeatedly accomplish certainly not expanding in those nevertheless stew over anyone does a new animatedly buddy-buddy despoile along with I’m undoubted a lot of people suavity your a lesser amount of at just about any rate.

Leave a Reply